Jumat, 15 September 2017

Cara Kerja Radiator Mobil

Radiator adalah alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya yang tujuannya untuk mendinginkan maupun memanaskan. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kendaraan bermotor (roda dua atau roda empat), namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesin yang memerlukan pendinginan ekstra. Seperti pada mesin mesin produksi atau mesin mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin. radiator terdiri dari tangki bagian atas (upper tank), tangki bagian bawah (lower water tank) dan tangki bagian tengah (radiator core) pada bagian tengahnya.

Bagian – bagian pada radiator mobil:Radiator
  1. Tutup radiator
  2. Kipas
  3. Termostat
  4. Pompa
  5. Tangki pendingin
  6. Cairan pendingin (biasanya air)

Cara kerja radiator mobil:
  1. Saat mesin dinyalakan, cairan pendingin dalam tangki radiator dipompa ke dalam mesinSistem Pemompaan Air Radiator
  2. Panas dari hasil pembakaran sebagian dialirkan melalui saluran uap (knalpot) dan sebagian diserap oleh mesin. Panas mesin tersebut kemudian diserap oleh cairan pendinginPersebaran Panas Mesin
  3. Disaat panas mesin meningkat menjadi 80 – 85 ˚C, lilin pada katup termostat mengembang sehingga katup termostat terbuka dan cairan pendingin keluar dari mesin menuju tangki radiator bagian atas.
Gambar Termostat 1Gambar Termostat 2
Hal tersebut diiringi dengan dipompanya kembali cairan pendingin yang telah didinginkan menuju radiator mobil
  1. Cairan pendingin yang masuk ke dalam tangki radiator kemudian dialirkan ke tangki bagian atasTangki Radiator Atas
Pada tangki bagian atas, terdapat tutup radiator yang dilengkapi dengan pengunci tekanan (agar saat tekanan tinggi, yang diakibatkan suhu tinggi, tutup tangki tidak terbuka) dan tangki penyalur cairan pendingin ke tangki bagian tengah untuk menurunkan tekanan
Tutup Radiator
  1. Setelah itu, cairan pendingin menuju tangki bagian tengah yang berliku – liku dan didinginkan oleh angin, dibantu kipas yang meniup radiator bagian tengah.
Radiator
Tangki radiator bagian tengah sengaja dibuat berlubang dan berliku – liku untuk mempercepat keluarnya panas dari cairan pendingin
Radiator Bagian Tengah
  1. Setelah cairan pendingin kembali dingin, cairan pendingin dipompa ke dalam mesin dan proses terulang kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Kerja Sistem Pengapian Secara Singkat Beserta Rangkaian

Cara kerja sistem pengapian singkat  - Sistem pengapian berfungsi untuk menghasilkan percikan bunga api pada busi untuk proses pembakaran ...